Perbedaan VPN dan DNS, Mana yang Paling Aman Buat Browsing?

Perbedaan VPN dan DNS, Mana yang Paling Aman Buat Browsing?

Perbedaan DNS dan VPN

Internet menjadi salah satu kebutuhan hidup manusia yang menopang segala aktivitas. Semua orang butuh jaringan internet yang cepat dan stabil untuk berkomunikasi, berselancar di media sosial atau mendukung bisnis kekinian seperti online shop. Sayangnya, tidak semua situs bisa diakses karena diblokir.

Kalau internet yang kamu miliki memblokir situs tertentu, pasti jengkel dan bingung untuk mengatasi hal tersebut. Untuk membukanya, kita biasanya menggunakan layanan VPN atau dengan cara DNS.

Perbedaan Antara VPN dan DNS

DNS adalah layanan internet yang digunakan untuk menerjemahkan nama domain menjadi alamat IP dan merupakan kependekan dari "Domain Name System". Sementara ketika pengguna seluler, kantor jarak jauh, vendor, atau pelanggan terhubung ke jaringan perusahaan menggunakan Internet, jaringan pribadi virtual (VPN) memberi mereka koneksi aman ke server jaringan perusahaan, seolah-olah mereka memiliki saluran pribadi.

1. VPN

Banyak perusahaan saat ini mengizinkan akses ke jaringan perusahaan mereka melalui jaringan pribadi virtual. Ketika pengguna ponsel, kantor jarak jauh, vendor, atau pelanggan terhubung ke jaringan perusahaan menggunakan Internet, jaringan pribadi virtual (VPN) memberi mereka koneksi aman ke server jaringan perusahaan, seolah-olah mereka memiliki saluran pribadi. VPN membantu memastikan bahwa data yang dikirimkan aman dari penyadapan oleh orang yang tidak berwenang.

VPN secara aman memperluas jaringan internal perusahaan melampaui batas fisik perusahaan. Sambungan aman yang dibuat melalui Internet antara komputer pengguna dan jaringan perusahaan disebut terowongan VPN. Banyak perusahaan mengizinkan akses eksternal ke jaringan internal mereka hanya melalui koneksi VPN.

Demi menjaga kerahasian pengguna pribadi yang tidak bisa diakses oleh sembarang orang saja, maka jaringan publik akan melakukan enkripsi data.

Saat membuka aplikasi atau konten yang tidak tersedia di wilayah kamu, menggunakan VPN menjadi salah satu solusi yang paling mudah. Cara kerja VPN cukup sederhana.

Kamu mungkin ingin mengakses konten atau streaming menggunakan jaringan publik yang banyak tersedia seperti di kafe, warung kopi dan lain-lain, maka koneksi VPN akan melakukan enkripsi pertukaran data.

Dengan koneksi VPN, kamu bisa mengakses internet melalui jalur khusus yang tidak menggunakan jaringan utama.

2. DNS

DNS adalah layanan internet yang digunakan untuk menerjemahkan nama domain menjadi alamat IP dan merupakan kependekan dari "Domain Name System". Nama domain mudah diingat karena abjad. Tapi, internet sepenuhnya didasarkan pada Alamat IP. Setiap kali kamu menuliskan nama domain, itu menerjemahkannya ke alamat IP misalnya domain  www.diskusiinternet.com mungkin diterjemahkan ke 198.201.232.1.

Aktivitas transfer data online melalui server DNS menjadi kelebihan karena menjamin kerahasiaan data kamu. Website dan browser juga lebih aman dari risiko peretasan yang dilakukan oleh pihak yang kurang bertanggung jawab.

Kesimpulan

Mengenal perbandingan DNS dan VPN bisa membantu kamu dalam berselancar di internet menggunakan jaringan yang aman. Setiap sistem atau aplikasi pasti memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Mana yang ingin kamu gunakan, sebaiknya kenali sesuai dengan kebutuhan saja.

Untuk kamu yang ingin menyembunyikan aktivitas internet dari orang-orang yang kepo alias berusaha mengetahui secara diam-diam, maka VPN bisa menjadi pilihan.

Namun, untuk kamu yang butuh koneksi jaringan lebih cepat dengan keamanan data yang terjamin dari risiko peretasan oknum tidak bertanggung jawab, maka DNS bisa menjadi pilihan terbaik.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama